Nama Khabib Nurmagomedov tengah melambung

Cincin Tunangan Paladium - Nama Khabib Nurmagomedov tengah melambung di kalangan penyuka olahraga Mixed Martial Art (MMA). Pria asal Rusia itu sukses mengukir rekor luar biasa (27-0) usai mengungguli megabintang UFC, Conor McGregor, di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (8/10/2018).

Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor

Pada pertarungan yang dilangsungkan di T-Mobile Arena itu, Nurmagomedov yang telah berusia 30 tahun menghentikan perlawanan Conor McGregor pada ronde keempat. Lewat cekikan di leher, Nurmagomedov memaksa lawan memberi isyarat menyerah untuk wasit.


Berkat kemenangan ini, Khabib Nurmagomedov sukses mempertahankan gelar juara dunia UFC ruang belajar ringan dan mengawal rekor tidak terkalahkannya dalam 27 pertarungan. Sebaliknya, ini adalahkekalahan kedua McGregor sepanjang karier di arena UFC.

Lantas siapa sebetulnya Khabib Nurmagomedov?

Dikutip dari sekian banyak  sumber, Nurmagomedov bermunculan 20 September 1988 di desa Sildi Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia. Kawasan ini ialah daerah otonomi pecahan Uni Soviet.

Berdasarkan keterangan dari statistik yang dikeluarkan Kantor Jaksa Penuntut Umum di Rusia, Dagestan adalahsalah satu area paling bermasalah di Rusia. Wilayah ini ialah rumah untuk kejahatan teroris. Data menunjukkan, pada tahun 2016 terdaftar 966 permasalahan terorisme.

Nurmagomedov adalahanak kedua dari tiga bersaudara. Dia memiiki kakak laki-laki mempunyai nama Magomed, dan adik perempuan mempunyai nama Amina. Pada tahun 2001, Nurmagomedov dan keluarganya menyimpulkan pindah ke ibu kota Makhachkala, ibu kota Dagestan.

Sejak kecil, Nurmagomedov sudah berlatih gulat. Kebetulan ayahnya adalahpelatih dan mantan atlet gulat juga. Mantan tentara Rusia tersebut menggunakan lantai-lantai rumahnya sebagi tempat latihan. Tidak guna Nurmagomedov, tapi untuk anak-anak di wilayah tersebut.

Sang ayah, tadinya tidak berpikiran menempa Nurmagomedov sebagai atlet profesional. Sebab berlatih gulat di masa itu, malah lebih ditujukan guna menjauhkan anak-anak dari pekerjaan terorisme. Di samping itu, mereka juga hendak membentuk bibit atlet gulat untuk Rusia.

Nurmagomedov ternyata paling berbakat dan menyenangi olahraga tersebut. Dia bahkan mengembangkan keterampilan beladirinya dengan berlatih Judo dan Sambo. Bahkan pada umur yang paling muda, dia telah berani bertolak ke Kiev, Ukraina, berlatih Combat Dobro.

Debut Nurmagomedov di panggung MMA dilangsungkan 2008 lalu. Sebagai pendatang baru dia sukses mencuri perhatian usai merebut empat kemenangan berturut-turut dalam sebulan.

Kemenangan demi kemenangan kesudahannya mengantar Nurmagomedov ke panggung yang lebih megah, yaitu arena (Ultimate Fighting Championship) UFC. Pada akhir tahun 2011, Nurmagomedov kesudahannya menandatangani kontrak enam laga ruang belajar ringan.

Satu per satu lawan yang mengadang sukses ditaklukannya. Dimulai dari Kamal Shalorus (Januari 2012), kemudian menyusul Gleison Tibau (7 Juli 2012), Thiago Alvares (Januari 2013), dan Abel Trujillo (25 Mei 213). Selanjutnya Nurmagomedov pulang menang atas Pat Healy (21 September 2013) sebelum lantas mengalahkan Rafael dos Anjos (19 April 2014).

Cedera lutut sempat mengurungkan sejumlah duel Nurmagomedov. Namun dia akhirnya terbit sebagai juara dunia UFC ruang belajar ringan usai mengungguli Al Iaquinta bulan April lalu.

Menghadapi McGregor adalahduel menjaga gelar kesatu yang dilewati Nurmagomedov. Dalam duel ini, dia mendapat bayaran sebesar 2 juta USD. Nurmagomedov kembali memperlihatkan kehebatannya dan memaksa McGregor menyerah pada ronde ke-4.

Posting Komentar

0 Komentar